VIDEO Analisa Perhitungan Bisnis Warung Kopi Tradisional Dan Modern Kecil Kecilan di Pinggir Jalan + Konsep Untung Ruginya Menjalankan Usaha Kedai Warkop ini
Usaha Warung Kopi atau yang lebih dikenal dengan nama Kedai Kopi ( Coffe Shop ) merupakan sebuah Bisnis Makanan dan Minuman yang cukup menjanjikan untuk ditelisik prospek keuntungan dan analisa kerugianya. Untuk Mendapatkan Analisa Perhitungan Bisnis Warung Kopi baik yang menganut alur Tradisional maupun konsep Modern tetap diperlukan pengamatan seputar Usaha ini.
[nextpage title="Persiapan Bisnis" ]Meskipun saat ini banyak bermunculan bisnis coffeshop yang ikut bersaing dalam menjual minuman jenis kopi,bukan berarti bisnis warung kopi akan sepi pelanggan.Banyaknya orang yang menyukai minuman dari berbahan jenis kopi membuat bisnis warung kopi akan tetap berjaya karena warung kopi tidak pernah sepi pelanggan.Bagi anda yang sedang ingin memulai membuka bisnis,anda dapat memulainya dengan membuka bisnis warung kopi. Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan,tidak ada salahnya ikut mencoba bisnis ini.
Info Seputar Bisnis Warkop Sederhana dan Coffe Shop Modern Free Wifi
Seiring perkembangan zaman,membuat perubahan gaya hidup pada masyarakat. Termasuk kebiasaan nongkrong rame-rame sambil ngopi. Gaya hidup seperti ini sekarang memang sedang menjamur,baik wanita atau pria,muda atau tua semuanya suka nongkrong sambil minum secangkir kopi. Gaya hidup yang sudah memasyarakat inilah dapat dijadikan peluang usaha bagi anda yang sedang mencari lahan usaha. Selain itu jika anda ingin menambah penghasilan usaha warung kopi ini dapat dijadikan pilihan. Bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di usaha warung kopi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kelebihan usaha,kendala,strategi pemasaran serta gambaran analisa ekonomi yang bisa dijadikan sebagai perhitungan modal untuk usaha warung kopi.
A. Siapa Target Konsumen Bisnis Ini ?
Bisnis coffe shop memang sedang menjamur,namun anda tidak perlu khawatir karena setiap bisnis pasti akan memiliki area pasar sendiri. Coffeshop biasanya membidik masyarakat kalangan kelas menengah ke atas. Karena harga secangkir kopi dicoffeshop biasanya cukup mahal. Tempatnya pun tidak main-main. Sedangkan warung kopi Sederhana memiliki sasaran konsumen kalangan menengah ke bawah atau dapat juga menjaring semua kalangan untuk menikmati secangkir kopi di warung kopi. Warkop biasanya memiliki sasaran yang memasyarakat dan membumi yaitu dengan cara menawarkan harga yang ekonomis dan tentunya tidak menguras kantong. Sehingga semua orang dapat menikmati kopi tanpa khawatir dengan harga yang tinggi.
B. Persiapan Sebelum Memulai
Nah Bagi anda yang ingin meniru beberapa pengusaha Kedai Kopi Sukses maka perlu mempelajari analisa bisnis warung kopi ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka Kafe atau warkop yaitu:
1. Konsep dan Bisnis Plan
Langkah pertama sebelum anda membuka warkop adalah membuat konsep jelas yang akan anda bangung seperti menentukan nama warung kopi, memilih menu apa saja yang akan disajikan, menentukan lokasi, merencanakan konsep warung kopi yang menarik. , Desain Warung KOpi Free Wifi, Paket Wifi untuk Cafe dan mengatur jadwal buka warung kopi sesuai dengan waktu luang anda. Misalkan jika waktu anda terbatas dan pulang kerja sekitar jm 3 atau 4 sore,anda dapat membuka warung kopi sekitar pukul 18:00 sampai tengah malam. Sedangkan pada hari libur,anda dapat membuka warung kopi lebih awal.
2. Peralatan dan Perlengkapan Usaha
Peralatan Warung Kopi tentu memiliki varian yang cukup banyak namun kalau misalkan konsep bisnis anda hanya seputar Warkop Sederhana maka tidak perlu menggunakan alat alat yang mahal cukup pastikan ada air panas, gelas dan Kopi itu sendiri. Anda dapat memanfaatkan teras rumah atau halaman rumah untuk membuka usaha warung kopi. Hal ini dapat meminimalisir modal untuk membuka usaha karena anda tidak perlu membayar uang sewa bulanan yang terbilang mahal. Sehingga yang anda butuhkan adalah perlengkapannya seperti meja,kursi,tikar untuk lesehan,gelasmpirin,sendok, dan sebagainya.
3. Menu dan Sajian Makanan
Sajikanlah menu yang cukup banyak agar warung kopi anda memiliki banyak pilihan menu untuk dinikmati konsumen. Selain kopi,anda juga harus menyajikan makanan ringan untuk teman ngopi seperti gorengan makanan kecil dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan menu kopi daerah pada warung kopi anda agar konsumen mengenal beberapa kopi khas daerah di Indonesia seperti kopi toraja, kopi aceh, kopi lampung, kopi bangka, kupi luwak, kopi klothok, kopi buah, capucino, mocca, latte, kopi jahe, dan lain sebagainya.
4. Karyawan dan Tenaga Pembantu
Tenaga yang baik akan mempengaruhi banyak hal termasuk nati dalam pelayanan, penyusunan contoh laporan keuangan warung kopi, Rincian menu dan banyak lagi lainya. Tenaga pembantu sangat dibutuhkan jika anda memiliki pekerjaan utama. Tenaga pembantu dapat meringankan pekerjaan anda. Sehingga pilihlah tenaga pembantu dengan selektif dan jeli agar menemukan tenaga pembantu yang baik dan dapat dipercaya.
5. Fasilitas Pendukung
Selain menyajikan menu yang beragam anda juga harus memperhatikan kenyamanan konsumen. Oleh karena itu anda harus memperhatikan tempat duduk,lampu penerangan,toilet,parkir,dan mushola serta anda bisa menambahkan fasilitas pendukung lainnya seperti hotspot area, layar LCD, TV, dan lain sebagainya. [/nextpage]
[nextpage title="Strategi Bisnis" ]Usaha Warkop Kecil Kecilan di Pinggir Jalan ataupun Coffe Shop tetap harus memperhatikan sebuah Konsep Untung Ruginya dalam Menjalankan Usaha karena kalau tidak maka bukan tidak mungkin bisnis ini hanya akan berumur singkat dan akhirnya merugi.
C. Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Warkop
Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar.Kopi seringkali dinikmati sambil menemani saat santai,bahkan sering dipasangkan untuk menemani lembur pekerjaan agar semakin semangat. Banyaknya orang yang menikmati kopi ini dapat anda jadikan sebagai peluang usaha yang memiliki keuntungan lumayan.
* Kelebihan Bisnis Ini
Banyaknya jenis kopi yang ada di negeri ini memudahkan kita menyajikan kopi yang beragam dari beberapa daerah. Banyaknya daerah yang menghasilkan kopi memudahkan anda untuk membuat kopi karena melimpahnya bahan baku kopi. Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan kopi terbanyak di dunia. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha kopi untuk menyajikan kopi tanpa harus mengimpor bahan baku dari luar negeri.
Kopi adalah salah satu minuman favorit dikalangan masyarakat. Tidak hanya pria saja,wanita juga cukup banyak yang menyukai minuman satu ini. Sekarang ini banyak ditemukan varian rasa kopi yang diciptakan oleh barista dengan rasa yang unik dan asing. Sekarang ini tidak hanya orang tua saja yang menyukai kopi,anak muda,remaja bahkan anak-anak pun menyukai cita rasa kopi. Hal ini tentunya membuka peluang usaha bagi anda yang ingin membuka usaha warung kopi. Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya coffe shop modern yang bermunculan. Biasanya masyarakat lebih suka minum di warung kopi sederhana karena harganya yang ekonomis.
* Kekurangan dan Hambatan
Terdapat beberapa hambatan yang ditemui dalam membuka usaha ini. Misalnya ketatnya persaingan pasar baik dari sesama warung kopi sederhana maupun coffeshop modern dari luar negeri atau kedai kopi lokal namun dikelola dengan cara waralaba. Hambatan selanjutnya adalah kesalahan dalam melayani dan menghitung orderan. Ketika warung kopi dalam keadaan ramai,biasanya anda akan melakukan kesalahan yaitu salah menghitung orderan. Namun hal ini dapat di antisipasi dengan cara membiarkan konsumen mencatat menu-menu yang akan dipesan kemudian menu tersebut dibayar ketika pesanan datang ke meja konsumen.
D. Strategi Marketing dan Pemasaran Online
Promosi yang dapat anda lakukan untuk mengenalkan usaha anda dapat dimulai dengan memberitahu kerabat terdekat anda seperti tetangga,keluarga,teman kerja,teman bermain dan juga komunitas di sekitar anda. Promosi dengan cara ini cukup efektif karena warung kopi sering digunakan untuk berkumpul dan bersantai. Komunitas-komunitas juga cukup sering melakukan kopdar (kopi darat) seperti komunitas komunitas pecinta sepeda, komunitas penggemar buku, penggemar otomotif, komunitas blogger. Warung kopi sering digunakan sebagai tempat untuk bersantai dan bercengkerama bersama kerabat,teman-teman atau keluarga.
Setelah itu anda dapat memasang banner,spanduk atau tulisan agar orang-orang yang lewat tahu akan keberadaan usaha anda. Selain itu anda juga dapat memberikan promo kepada pelanggan anda. Misalkan dengan membuat member dan nantinya pemilik member akan diberikan diskon 10%. Promo yang lain juga dapat anda lakukan seperti memberikan kopi gratis bagi pelanggan yang sudah memiliki struk pembelian sebanyak 5 lembar. Atau dapat juga memberikan paket makan gratis jika pelanggan anda membawa 5 teman anda untuk menikmati menu di warung kopi anda.
E. Tip Sukses Menjalani Bisnis ini
Kesuksesan usaha warung kopi anda tidak hanya terletak pada rasa dan kenikmatan kopi yang anda suguhkan. Namun kenyamanan tempat,suasana dan konsep dari warung kopi juga sangat berpengaruh pada kunci kesuksesan usaha anda. Selain itu,anda juga harus berani merangkul komunitas-komunitas disekitar anda tinggal agar mau bergabung menikmati menu di warung kopi anda.[/nextpage][nextpage title="Analisa Modal" ]
Mau Buka Bisnis Kedai Kopi ? Berapa Sih Modal Usaha Warung Kopi Sederhana dan Coffe Shop Modern yang ada Wifi nya itu ? Mungikin banyak sahabat PanduanUsaha.com yang pengin tahu apasih Konsep bisnis Coffe Shop Sederhana ini. Disini Saya ingin membagikan sedikit Rincian Modal Buka Warkop dan bagaimana membuat laporan Omset Manajemen yang cukup simpel. Yuk Simak Selengkapnya dibawah ini
Analisa Bisnis Warung Kopi Sederhana dan Kedai Kopi Free Wifi
Nah itulah sedikit perhitungan analisa Bisnis Warkop yang cukup sederhana. Bagi Sahabat yang ingin terjun dan menekuni Usaha Warung Kopi ini saran Saya jangan Menyerah dan teruslah berjuang memberi inovasi untuk pelanggan[/nextpage]
Komentar
Posting Komentar